2

Mengisi Weekend

Alhamdulillah Hijabers Manado (HM) yang kemarin sempat vakum lamaaaa banget mulai aktif lagi.. dan hari minggu pagi tadi kegiatan pertama HM dengan pengurus yang baru (selain rapat-rapat, kongkow2 ngopi cantik di cafe 😀 )

jadi bumil juga semangat ikutan, jam 9 pagi udah bangun, nyari sarapan bubur manado tapi alhamdulillah dikirimin serantang bubur ayam sama tetangga trus siap2 deh ke Masjid Ahmad Yani… diantar suami yang mana udah telat masih belok mampir minum es kelapa muda NTB dulu dekat jembatan Megawati hihihi untung nyampenya kegiatan belum mulai…

yang datang banyak wajah-wajah baru… ahhh aku syenaang, walaupun gak banyak cuma sekitar 20 orang ngumpulnya karena miskom tapi Alhamdulillaaaah bisa silaturahmi dengan saudara-saudara baru 😀
walaupun acaranya molor tapi overall berjalan lancar… banyak anggota baru yang daftar, banyak pin HM yang terjual dan peserta juga excited dengan kegiatannya itu sendiri (penting!)

yang lucu ketua HM kita borong roti dan donat banyaaak banget, nah bumil jadi gak konsen deh tuh kan hahaha sibuk makan sama sibuk ngapalin tutorial :p

foto-foto banyak yang cakep tapi ada dikamera Ita..jadi bumil share foto dari kamera hp yang bapuk banget aja yah 😉

pose bumil sebelum berangkat

pose bumil sebelum berangkat

IMG04944-20130922-1315

pose bersama banner Hijabers Manado

pose bersama banner Hijabers Manado

yang mau liat foto kegiatannya ntar kalo udah dapat file dari Ita, aku share yah 😀

nah kegiatan kelar masuk Ashar… selesai beres2 dan “rapat” kilat pengurus untuk janjian ketemuan ngatur kegiatan berikut, bumil ngajak Ita jalan2 ke Mantos, bbm suami minta gak usah di jemput, mo pulang naik mikrolet sendiri aja… nah sebenarnya sih bumil lapar berat..walaupun udah ngabisin 4 biji roti huahahaha..akhirnya ujung2 nyari tempat makan dulu deh berdua Ita… kita mampir di Waroeng Kampoeng… suka deh tempat makan ini..peralatan makan dan dekorasinya jadul…setiap kesini menu yang dipesan selalu sama.. Nasi Ayam Buluh + sayur rica rodo… Ita pesan nasi goreng cakalang yang keliatannya enak (gak nyicipin)… dan yang bikin napsu makan nambah, liat deh piring makannya..
IMG04948-20130922-1458

kalo kata orang Manado ini namanya piring blek (piring kaleng) 😀 jadul bangeet kaan??? hihihi

kenyang makan, geret Ita ke baby shop mantos, liat2 perlengkapan ASIP…eh ternyata cooler bag Gabage ethnic,polkadot ada loh, harganya juga beda tipis kalo pesan ol + ongkir…truuuus gak rencana eh nyantol beli legging 5in1 ukuran 0-3 bulannya kicik :p hmm sama headband nya jugaaa…. headband nya lucuuu walaupun mihil menurutku, hmm gkpp deh yah, beli sebiji ini aja koq… truuuuus pulang deh.. kaki udah pegel dan ngantuuk berat! nyampe rumah udah jam 5!!! nanggung amat kalo mo tidur, jadi minta diantar suami aja ke rumah tantenya nganterin baju, jemput si adek ipar yang kecil trus pulang sholat magrib…udah niat mo tidur2 ayam eh diajakin suami gunting rambut dulu, wesslaah… kalo gak hari ini kayaknya gak akan sempat terus… segeran deh sekarang liat suami dengan rambut barunya….

well ini udah jam 10 malam tapi bumil geraaaah gak bisa tidur (padahal capek banggeett) jadi gangguin suami aja yang lagi khusyu main game babi-babi (sebel banget liatnya) hahahaha kecanduan banget beberapa hari ini tidur bisa malem banget cuma buat urusin ternak babinya, tadi juga seharian ditinggal main game nya itu sampe aku pulang ckckckc hmmm tapi Alhamdulillah weekend ini full happiness… 🙂 gimana dengan cerita weekend mu? 😀

2

Review Bridal and MUA Manado

postingan kali iniii dipersembahkan kepada calon pengantin (capeng) yang ada di Manado dan sekitarnya!!!

kenapaaa??

karena saya salah satu orang yang duper gregetan gak pernah menemukan informasi tentang bridal yang bisa handle pengantin muslimah, plus vendor lain yang bisa jadi referensi ketika browsing, nah untuk mengunjugi tiap bridal pun rasanya koq buang waktu dan tenaga yah…

postingan ini mungkin akan dilengkapi lagi  informasinya, sambil menunggu kiriman foto dan review via email dari teman-teman yang udah berpengalaman… sentil Mrs. Ranny Iskandar  pake sutil panas

ehmm review ini akan jadi berapa postingan dan kali ini buat review MUA aja yaaah

dimulai dengaaaaaaaaaan review singkat MUA dari pernikahan sahabat saya semasa dalam kandungan  SMA Fitri Raihani Rasmana alias Mrs. Wijonarko 😀 hmm dese sebenarnya adalah blogger jugaa tapi berhubung sibuk dan PEMALAS yang diperhalus dengan kata gak punya waktu *puk-puk perut hamidun* maka udah gak tau lagi deh kabar si blog bijimanaa..padahaal lumayan bangeet loooh info yang bisa di gali capeng-capeng dari si calon ibu muda inii, . nah karena gue adalah salah satu saksi hidup yang ikut melihat merasakan dan KENA GETAH  dari segala kerempongannya ngurusin wedding maka ulasan informasi MUA inii semoga gak melenceng yah seus..

biarkan mata anda yang menilai  karena pictures speak louder than words right? ^^

  • CI JARA

Mrs. Widjanarko deal dengan bridal nya Ci Jara… sound familiar??? yaa iyyaalaaah yaaaaa..karena ci jara adalah salah satu MUA dan owner bridal yang lumayan terkenal di Manado…  sesungguuuhnya gue pribadi sempat underestimated sama pilihan sahabat saya yang satu ini… (lah siapa guee yaah) untungnya kebacotan gue gak direspon pake tamparan wajan sama sang pengantin dan Alhamdulillah hasil yang ci Jara persembahkan puuun memuaskan… si pengantin jadi duper manglingii apalagi pas acara Resepsiongnyaaahh.. ah sungguh saya terpukau Mrs!!!

Make Up Prewedding

Make Up Malam Khataman Qur’an / Badaqa

Make Up Akad Nikah

Make Up Resepsi

Looks beauty yah…. 😉

yang butuh info Kontak ci Jara monggo di nomor : 081356225107

alamat nya di Komo… patokannya dari dealer Daihatsu trus nanya aja deh ke orang sekitaran pasti pada tau qiqiqi

(penasaran dengan Kebaya + fotographer nya??? nantikan special dipostingan berikut) 😀 😀 😀

Next..

  • ONGKY BRIDAL

nah dari sekian banyak foto yang gue punyaaa kayaknya Ongky nih yang paling banyak, jadi bisa jadi bahan perbandingan dan pertimbangan sodara-sodara sekalian.. starting review dari nikahan Ayu Dharma

Make Up Antar Harta

Make Up Khataman Qur’an / Malam Badaqa

Make Up Akad Nikah

Make Up Resepsi

Amay Wedding

Eka’s Wedding

Ongky Bridal : 085240974405

Alamatnya di Tuminting.. ancer-ancernyaa silahkan patokan ke SPBU Tuminting, nah bridalnya di seberang jalan persisinya sebelum ketemu SPBU.

  • CI TIJA

just for info.. ci tija ini sodaraan sama ci jara daaan Alhamdulillah ada dua teman yang make vendor bridal ini, jadi lumayan bisa jadi referensi… cumaaaa sayangnya si bumil Ranny Affandi iniii belum ngirimin foto2nyaa.. hmm apa saya culik saja dari FB nya dan akan dilengkapi nanti??? yuk mariii 😛

Rani’s Wedding

Malam badaqa

Akad Nikah

aaaaaaaaaaah raniiiiiiiiiiiiiii ini sih kurang representatif huhuhu

oke untuk lebih banyak foto hasil karya ci Tija kita liat saja di koleksi foto gadis  wanita mungil satu iniii

kontak Ci Tija :

  • HENI BRIDAL

nah untuk bridal yang satu iniiii silahkan japri ke sang bundo Fajira Ma’ruf alias Tia saja yah dan sambil menunggu foto-foto yang lebih komplit monggo di intip foto si seus waktu jadi manten

Make Up Malam Khataman Qur’an / Badaqa

Make Up Akad Nikah

Make Up Resepsi

khusus untuk ibu satu ini, hijab style nya di handle langsung sama ka eka 

hmmm  lucky her bisa di dandani hijabnya sama ka eka… FYI ka eka ini emang duper oke untuk mlintir2 jilbab biasa jadi WOW… dan berita sedihnya kalo skillnya itu hanya untuk hobi aja.. 😦 jadi buat yang minat di dandaninya jilbabnya harus pendekatan individual dan persuasif soalnya beliau gak asal terima orderan kalo gak sreg dan gak mood (hahaha bahasaaaaa)

kontak Heni Bridal : 085397233040

naaaaaaah demikian lah adanya foto-foto yang bisa saya bagi.. Insha Allah di tambahin lagi informasi dan foto-fotonya

soal plus minus dari tiap bridal tentunya ada ajaaa yah, dan bisa di diskusikan japri lewat teman2 si empunya foto yang udah berpengalaman.. sekali lagi soal make up itu SELERA yah, jadi smoga foto dan info bisa membantu capeng skaliaan

4

Manado Punya!!!!

pernah nih ngerumpi lama sama teman yang pernah sekantor, dia nya orang Jakarta dan pernah lumayan lama menetap di Manado, aku panggilnya bunda Sari.. Bunda ngomongnya gini nih…

“nie..Manado dah kayak gimana sekarang?? aaah aku rindu ama Manado, biar kata biaya hidup mahal..jarang ada yang halal..tapi beneran aku kangen Manado… “

hahahahaha aku cuma cekikikan sambil “presentase” tambah bikin bunda ngiler liburan ke Manado lagi… dulu waktu aku masih ngantor di New Volare Photography, bunda ini Make Up artisnya…kita beda setaun umurnya cuma aja beliau dah menikah… dan waktu itu lagi hamil… sempat kasian banget gara-gara beliau ngidamnya gak tersalurkan..lah nyari asinan bogor dimana coba di Manado ini??? 😀 eh iyaaa tapi ada satu hal yang aku ingaat banget tentang percakapan aku dan bunda dulu… kan kebetulan anaknya lahir di Manado sini yah.. tapi beliau paling ogah begah kalo ntar anaknya disapa nyong ato cowo Manado… hahahaha katanya konotasinya gak bagus…!!! what!!!! ckckckckkck…

nah inget-inget lagi nih…. waktu aku kerja di perusahaan tambang Nikel Halmahera taon lalu, pernah di introgasi sama bos-bos ato  teman kerja disana..

kalo yang nanya nya cewek pertanyaan standarnya gini…

Ibu/mbak  : “dari mana??”

Afni : “dari Manado mbak…(senyum manis)”

Ibu/mbak  : TLah koQ item??? katanya cewek Manado putih-putih…bahenol??

afni : senyum kecut…

Lah kalo yang nanyanya bapak-bapak

Bapak : dari Manado kan ya??

Afni : iya pak?

Bapak : Asli Manado?? (sorot mata naik turun atas bawa sampe jereng)

Afni : lahir gedenya di Manado pak…

Bapak : oooh.. eh saya pernah loh ke Manado, pernah juga dengar-dengar ttg Manado, pokoknya kalo Manado itu terkenal 3 B nya….

Afni : apa Pak? Brain Beauty Behavior??? (oon ditimpuk bata)

Bapak : bukaaaann (semangat 45!!!) Bunaken….Bubur…sama  BIBIR!!!

Afni : Pingsan 2 jam

wuaahhh dendam kesumat kalo ingat-ingat cerita yang ituu..!!!! kayaknya bapaknya gak lumayan lama di Manado, jadi gak tau aja dia…kalo Manado punya banyak hal yang bisa diingat…

ayo kita list satu-satu :

1. Waruga

Waruga adalah istilah lokal untuk tinggalan megalit yang termasuk dalam jenis peti kubur batu di Minahasa. Benda ini terdiri atas dua bagian, yaitu bagian badan dan bagian tutup. Kedua bagian ini masing-masing terbuat dari sebuah batu utuh (monolith), umumnya berbentuk kotak segiempat (kubus) untuk bagian badannya dan hanya sedikit yang berbentuk segidelapan atau bulat. Selain itu, bagian tutupnya menyerupai atap rumah. Waruga ini berfungsi sebagai wadah kubur bagi orang yang meninggal di dalam satu keluarga. Setiap waruga diperkirakan dipakai menguburkan beberapa orang dari anggota keluarga yang meninggal. Di dalam waruga biasanya ditemukan tulang-tulang manusia yang berasosiasi dengan benda lain seperti : keramik cina, perhiasan dan alat-alat logam, serta manik-manik. Tulang-tulang tersebut merupakan sisa-sisa tulang manusia yang pernah dikubur dengan disertai bekal kuburnya yang terdiri atas : piring, mangkuk, dan jenis-jenis keramik lainnya, gelang perunggu, kalung perunggu, pisau perunggu, parang perunggu, manik-manik, dan lain sebagainya. info lengkapnya bisa di intip disini

salah satu penampakan waruga nih:

waruga

2. Tari Cakalele

Tari ini dimainkan sekitar 30 orang atau lebih yang memakai pakaian khas orang-orang zaman dulu yang akan berperang, seperti kita melihat pakain khas orang-orang Romawi dengan senjata pedang, tombak dan tameng (Kedung) di kedua lengan sambil diiringi musik beduk (tambur), kerang besar (Bia) ditiup dan 2 buah kelindingin. Tari Cakalele/kebesaran merupakan tari untuk penyambutan kepada para tokoh : Pejabat, Agama, Seniman dan lain-lain.

saya sempat phobia hebat dengan tarian satu  ini, gara-gara dulu waktu masih cebol pernah ditakut-takutin sama salah satu pemainnya..jadi ceritanya kantor papa pernah tuh ada pertunjukan tari cakalele, pemain nya yah salah satu teman papa juga, ternyata papa berkomplot sama tu Om jelek itu..nah aku yang waktu kecil susah makan ditakut-takutin dengan parang dan bulu-bulu kemOceng di kepalanya sambil di gertak-gertak “awas malas makan yaaaa..nanti om maraah” aaaaaaaargghhhhh!!! tapi kalo di ingat-ingat waktu itu bisa guling-guling sakit perut ketawa sekarang 😀 😀 🙂 😀

3. Musik Kolintang

Musik Kolintang adalah musik tradisi khas daerah Minahasa. Alat musik ini terbuat dari kayu tertentu yang telah dibuat, di susun sedemikian rupa sehingga jika di ketuk menghasilkan bunyi not tangga lagu seperti pada alat musik lain pada umumnya.

4. Saguer / Cap Tikus

Cap Tikus adalah jenis cairan berkadar alkohol rata-rata 40 persen yang dihasilkan melalui penyulingan saguer (cairan putih yang keluar dari mayang pohon enau atau seho dalam bahasa daerah Minahasa). Tinggi rendahnya kadar alkohol pada Cap Tikus tergantung pada kualitas penyulingan. Semakin bagus sistem penyulingannya, semakin tinggi pula kadar alkoholnya.

maap untuk list yang satu ini bukan maksud hati memperkenalkan untuk dinikmati yah.. karena minuman yang satu ini jelas beralkohol.. maap bapak ibu mbak mas.. dilarang agama kata Ustadzah saya *diketok martil*

5. Tarsius Spectrum

Maap saya tidak sedang membahas tentang Mapala anda..!!! iyaaa anda..iyaaa anda!!!! heeeehhhh  gak usah nengok kebelakang sambil pasang tampang bingung!!!!!

hehehe peace subeQu sayangQu muach..muach…

itu interwEzo saja sodara-sodara..sekedar informasi tidak penting..bahwa orang yang saya hujat barusan adalah kekasih hati…maklum dia terlalu berbangga dengan nama Mapala nya yang menjiplak nama salah satu primata terkecil dunia primadona manado ini….

okeeeh mari kita cari tau Tarsius Spectrum ituu

Tarsius digolongkan ke dalam jenis primata, sebab, secara morfologi memang mempunyai ciri-ciri seperti dimiliki oleh umumnya binatang jenis monyet. Punya ekor, tubuhnya dipenuhi bulu dan bentuk jari-jari tangan dan kakinya persis monyet..tetapi Tarsius lebih senang jika diberi makan serangga ketimbang buah atau tumbuhan..oh ya Tarsius ini termasuk binatang yang aktif dimalam hari… jadi jangan lari kalo liat matanya yah..mirip mata burung hantu (sepertinya)

ini dia Tarsius nya..tarsius

6. Daun Pangi

Daun pangi ini warnanya hijau & agak lebar tapi kalo udah matang (jika dimasak ) akan berubah berwarna hitam..nah kalo di Manado Pangi ini identik sebagai sayuran yang dicampur dengan makanan yang tidak halal disantap sama orang muslim (maaph) tapiiii kalo mo olah sendiri boleeh koQ..aku pernah rasain sayur pangi yang diolah dengan ikan mas…wuahh uenak ternyata..walaupun secara penampakan..sayur pangi yang diiris halus dan hitam itu lebih mirip pita kaset.. huahhahahaha.. maapkeun

7. Nasi Jaha/Nasi Bulu

naah saya sendiri sampe sekarang masih sedikit tidak bisa membedakan antara rasa lemang (kue khas sumatera barat) dengan nasi jaha..tapi kalo ditanya wujud jelas berbeda…

nasi jaha ini adalah olahan beras ketan dan santan yang masaknya dibakar, jadi beras santan dan rempah-rempah yang sudah diramu dimasukkan dalam bulu/bambu kemudian dibakan hingga matang… agak rempOng juga untuk mengeluarkan sang kue, karena bulu/bambu harus dibelah…wah ribet kotor arangnya..tapi soal rasa wah jangan ditanya..makan ditemani sayur berkuah ato ikan bakar..bukan main nikmatnya.. ato hanya mau makan ditemani secangkir kopi??? wah bisa nambah…

8. Panada

nah panada ini katanya (kata sapeeee) asli dari manado, adonan kuenya seperti roti yang digoreng,  berisikan campuran ikan cakalang (ikan tongkol) dengan parutan pepaya muda ato ikan cakalang dengan laksa.. suka-suka lah… bentuknya unik karena seperti dikepang/dipelintir untuk merekatkan.panada

9. Sambal dan Gorengan

huaa ini yang paling seru dari Manado… semua makanan apa saja, mo gorengan pisang, bakwan, sampe jagung rebus disantap dengan sambal!!! bos ku dikantor lama yang kebetulan orang Medan sampe heran… tapi akhirnya ikut ketagihan kan pak Darwis yah?? (semoga beliau membaca postingan ini)

10. Mikrolet!!!

hahahaha dah ketawa aja sebelum ngetik…

jadi ceritanya begini..dulu suami bunda sari (mas budi) pernah nih ngomong sambil ngacak pinggang heran.. dia bilang gini

gila yah ini Manado!!! Angkot aja gayanya naujubillehh… liat tu ni veleg nya??berani taruhan harganya jutaan satu nya.. belom lagi audio nya… tempat duduknya… ckckckck nih naik mikrolet di Manado dah kayak di pub aja..

hiyaaaa… ada gak yah kota yang bisa ngalahin mikrolet Manado??? :p

hmm lumayan panjang juga yah aku nyerocos dari tadi…sampe dah keriting aja nih jari :p

sok atuh..buat yang mo nambah..mo ngedit….di persilahkaan….