0

Fruits Pie & Arancini made in Bumil

jadiii sudah dari jaman kapan kan suka sesumbar aja tuh gaya mo bikin fruit turtle/fruti pie ato fruit flan..pokoknya apalah gitu yang seger berkilau dengan buah2anya (yang mana pas ceki-ceki blog ya ampuuun itu hasrat udah dari tahun 2009 coba!!!! hahaha)

puji syukur hasrat hati akhirnya kesampaian juga, dengan PeDe nya nawarin diri ke mama untuk bikin fruit pie buat bingkisan diacara akikahan ponakan..hahaha, dari proses belanja buah2anya, ngaduk adonan sampe nata buah maunyaa aku gaya bikin sendiri tapi namapun bumil yang gampang ngos-ngosan dan tambah diintilin waktu jadi dibantuin ade sama tante deh hehehe

resepnya kulit sama flanya aku dapat dari tante… jadinya ampir 70 buah, harusnya sih jadi lebih banyak, cuma karena pengalaman pertama nyetak si kulit ketebalan ada kali tuh 20 buah ketebalan… flanya juga 1/2 dibikin adonan sendiri trus 1/2 ya dicampur fla siap saji..nyari aroma aja sih… dan btw panjang kali lebar resepnya nyusul yah seus hihihi soalnya lupa2 ingat resep si kulit, ntar nanya tante dulu *lah niat gak sih postingnya… :p
monggo dinikmati aja gambarnya, yang mana penampakannya sungguh amatiran, blur dan gak rapi hehe

fruit pie dengan fla

fresh fruits

fruit pie afni

naaaah yang kedua pengen share arancini buatan bumil yang resepnya nyontek dari blog rasamala bundanya Nara sama Leandra yang aku modifikasi karena hanya punya keju cheddar aja hehehe

ini niatnya sungguh muncul krn liat nasi dingin yang kebuang2 percuma hampir setiap hari, tapi kalo aku sarankan sih kalo niat bagusan nasinya yg fresh ato kalo bisa skalian bikin risoto aja..
Bahan:
1 sdm margarin
2 bawang merah dan 2 bawang putih, iris halus
1/2 cup nasi putih matang
1 cup air kaldu (ayam atau sapi, terserah)
100gr daging sapi cincang
30gr jamur champignon, potong kecil-kecil
1/2 cup keju cheddar
garam + merica
1 telur, kocok
2 sdm tepung terigu
1/3 cup tepung roti

Cara membuat:

lelehkan margarin, tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga layu dan wangi masukkan daging sapi cincang, aduk masukkan jamur dan tambahan garam dan merica secukupnya masukkan nasi matang lalu tambahkan air kaldu. masak dengan api kecil hingga air kaldu meresap ketika sudah mulai kering matikan api, lalu tuang seluruh keju parut dan terigu (spy gampang d bentuk) dinginkan…bentuk bola-bola lalu celup telur..gulingka tepung roti trus goreng… jadinya buanyak dan bisa simpan freezer kalo sewaktu2 pengen dicemil 😀

kalo pas kepangen terus gak punya daging cincang, gak punya jamur2an, pake parutan wortel ato cuma pake air kaldu dan keju aja udah maknyus loh jadi cemilan 😀 tapi jadinya arancini abal2 heheh

arancini abal2

Advertisements
2

Chicken Wings Spicy

kata siapa kalo hobi masak itu identik sama emak-emak?? ibu rumah tangga?? kalo masih anak gadis muda belia, gengsi dong hobinya masak sama ngurusin rumah.. cakepnya tuh beraktualisasi diri diluar rumah, gaooll melek fashion dan sering kongkow-kongkow… yang masih ketinggalan jaman mikirnya begitu dan masih aja letoy judge orang kayak gituu sini marii ditoyor dulu jidatnya… hahaha

mo pencitraan dulu yaaa… kalo perempuan yang fashionita, jago dandan, eksis sama pergaulan, up to date, punya kerjaannya mantap… itu KEREN LOOOH *ketik sekali lagi* KEREEEEN BANGETT tapi buat saya indikator kekerenan perempuan ituu..kalo semua yang diatas dapat 2 jempol dan 4 jempol kalo disuruh masak jago!!! disuruh ngurusin rumah oke!!! dan gak menye-menye bergantung sama mahluk berburung..mandiri!!! ada yang setuju gak sama saya??? ayoo yang akur sini duduk manis ta’ bagiin chicken Wings Spicy

eh sapa tuh yang ngebatin ini gosong??? awas yaa berkurang loh pahalanya karena memfitnahh!!! ini bukan gosong yah sodara-sodara.. ini item karena proses karamelisasi rendaman kecap *ahhh bahasaaaa ketauan banget nyeplak masterchef ihihihi*

bikin ini paling gampil segampil nyabut bulu keteq… gak perlu susah nestapa pula makannya dan rasanya udah pasti endessss.. kalo kata ade-ade dirumah siiih.. *chicken wings pizza lewaaaat* entah deh itu pujian tulus apa terpaksa karena merasa terancam dipentung suntil kalo protes gak enak hahahaha..nah back to topik..kenapa gampill?? karena si chicken wings tinggal dibeli jadi di supermarket, gak rempong motong-motong duluu.. dan bumbu yang dibutuhkan pun gak banyak… let’s starting..

8 potong sayap ayam
3 Sendok Makan bumbu tepung pedas Sasa
2 Siung Bawang Putih (ulek halus)
1 Sendok teh lada
Garam secukupnya
2 Sendok perasan Jeruk Nipis
3 Sendok Makan Kecap manis

cara buatnya
campur semua bumbu tuang dengan air secukupnya terus rendam potongan sayap ayam yang sudah dicuci bersih dan dilumuri jeruk nipis.. marinate dulu ayam dan bumbunya kurang lebih sejam terus goreng dengan api sedang sambil rajin dibolak balik.. sampe matang… selesai!!!

eh iyaaaa daku pake tepung bumbu sasa karena kebetulan dirumah suka ada itu.. emang idealnya tepung itu buat dilumuri ke ayam sebelum digoreng..tapi karena lagi gak pengen ta’ modifikasi saja..
naaa gimana gampang kan????? apalagi buat persiapan sahur….ayam tinggal digoreng blas selesai..makan sama nasi panas..aduuhhh nom nom nom…. enaknyooo *plak batal*

mau dicoba???

0

Sup Makaroni Huru hara dan es Fanta susu

udah lamaa yaaa tak posting makanan lagii… baiklah postingan kali ini mo posting resep masakan yah.. ayoo yang lagi puasa tapi lemah imannya silahkan kursornya diarahkan ke kanan atas..hihihihi

naaaahh kan kemarin dulu ituu udah niat yah buat bikin sup makaroni, tapii berhubung ada sesuatu dan lain hal yang lebih berkah, cerita masaknya di tunda… dan berhubung komentar orang yang kesekian udah mulai bikin panas telinga soal berat badan yang nyusut sampe 3 kg padahal bulan Ramadhan baru jalan seminggu maka niatnya menu buka puasa mo full protein… membantu gak sih itu?? hmm Wallahualam lah..kalo pun gak, kali aja yah emang iya bisa gemuk sama sugesti.. 😛

jadii masak apakah saya?? gak wah..cuma sup makaroni susu sama es fanta susu ajaaa tapi berhubung masaknya setengah jam menjelang buka, jadinya super wah..wah rebeknya dan wah berantakin dapurnya hahahaha

SUP MAKARONI HURU HARA

200 gram Makaroni
150 gram Daging Ayam cincang
3 Buah sosis iris tipis
20 butir telur puyuh rebus
500 ml susu cair ultra milk plate
1 batang Wortel iris tipis
2 buah kentang iris dadu
2 batang daun bawang iris halus
3 siung bawang putih keprek cincang halus
Masako Sapi, Lada, Bubuk Pala, Garam secukupnya
Margarin buat numis

CARA BUATNYA
rebus makaroni dengan 500 ml air, setengah matang masukkan wortel dan kentang
panaskan mentega sedikiiit aja, tumis ayam cincang sampe agak cokelat, masukkan susu cair 500 ml, terus masukkan tumisan air dan susu kedalam air rebusan makaroni
tumis daun bawang dan bawang putih masukkan ke dalam rebusan, aduk sampe mendidih, isi sosis dan telur puyuh kasih masako lada bubuk pala dan garam… angkat tabur bawang goreng

gampil kan??? keliatannya aja agak rebek padahal sebenarnya bisa termasuk kilat loh kalo bikin sup ini…rasanya juga gurih susu begituu.. emang sih agak rame isiannya sama sosis, telur, ayam dan susu karena emang niatnya mau banyak makan protein…. eh iyaa ini jadinya buanyaaak ya jek.. bisa dimakan buat 6 orang porsi jumbo hehehehe

rasanya????
hmmm jangan ditanya.. mangkok kosong ini buktinya hihihi

naaah pasangan minumnya apa?? masih tema susu tapi yang simple.. dirumah biasanya bilang itu Es fanta susu.. taukan?? iyaaa itu bikinnya kan gampil.. cuma nyampur aja fanta dengan susu seenak jidat terus cemplungin es batu yang buanyaaaak… glek segerrr

5

Aku Pancake dan Lupis (ahhh cinta segitiga)

udah pernah gw ceritain kan yah…kalo mamsky tuh aktifitas rutinnya setiap hari Minggu pagi gelar dagangan kue dipasar dekat kompleks, dan udah jadi kewajiban gw sama 2 sodara sekandungan bantuin jaga jualan yang kalo pas ramenya dikerumunin pembeli 4 orang aja kagak cukup tenaga buat ngelayani… tau kuncinya kenapa??? karena mamsky punya jualan primadona yang satu pasar kagak punya…. apakah gerangan itu…????

taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……

maap sodara-sodara gw lupa fotoin rupa tu kue… hehehehe

tapi kayaknya gak usah gw foto juga lu pasti udah pernah nyobain kue lupis kan?? kalo di Manado City kompleks pasar mamsky gw namanya Lopes dan sama kakak gw dibaptis namanya jadi J’Lo… huahahaha…

buat yang belum pernah liat model apalagi rasain… sini gw kasih bayangan… jadi lupis a.k.a lopes atau J’Lo tuh dengar-dengar sih kue khas dari Gorontalo, terbuat dari beras ketan dibungkus daun pisang model kayak lontong ato segitiga yang direbus, penyajiannya ntar dibalur sama kelapa mengkal yang diparut terus disiram gula merah cair… gw sendiri sih gak doyan-doyan amat nih jajanan.. eneQ!! tapi yah kalo mamsky jualan..tu orang yang pada ngantri bisa sikut-sikutan supaya kebagian.. hihihi.. kembali ke selera asal…

jam 10 pulang rumah setelah capek jualan dan kekenyangan sarapan di pasar gw guling-gulingan dikamar dengan sejuta rencana mulai dari mo luluran, nyuci baju, rapihin kamar, beresin alat make up yang cuma berakhir jadi rencana sajah…alhasil sampe sore gw baru mandi… huakakaka jorok.com!! iya gw ketiduran dan baru bangun pas lapar.. dan ada satu keanehan yang menurut lelaki gw gak wajar adalah kalo pas kelaperan yang gw cari pasti bukan nasi..tapi kue… maklum lah kan tukang kue inii…yang malang nya pas ngubek dapur gak ada sisa sama sekali kue dagangan mamsky…

kalo dah pengen mah pantang nyerah yah sOdara-sodara..jadilah sore itu gw gaya bikin pancake…nanya om google sebentar dan voila….. gak lama udah jadi aja tuh 13 potong pancake!!!

ini kali pertama gw nyObain bikin, dan ketika pancake pertama selesai dibakar si anak keteQ (baca: ade gw) sempat ngira gw bikin cucur!! dasar asem!!! tapi emang bener juga sih, rada susah bikin pancake biar tampilannya cantik…. dikasih satu sendok sayur ful.. jadinya gede melebar kayak kulit lumpia..apinya kegedean dikit juga langsung gosong diluar dan mentah didalam…..tapi kalo emang lagi ngidam ditambah dengan bakat alam Alhamdulillah tu kue jadi juga… yang minat bisa cekidot resepnya disini, gw juga jiplak dari situ.. tapi diadonannya gw campurin keju parut dan choco chips nya gw ganti meises ceres… rasanya tambah legit.. dan sebelum dibakar, adonannya didiemin dulu kurang lebih 30 menit supaya agak ngembang, supaya pas bakar jadi gemuk kayak kue dorayaki… 😀

niat hati mo pamer foto kue nya..tapi card reader gw kayaknya lagi erorr…bersyukurlah wahai teman…kalian tak jadi mimpi buruk liat penampakan si kue… hiyahahahaha *belagu*

8

Ayam Goreng saus Mentega

menurut gw Ayam paling enak sedunia tuh AYAM GORENG MENTEGA gak pake tawar-tawar menu Ayam yang lain… tapiiii kalo Ayam Goreng Mentega punya Swadaya!!! rasaanyaaaa top sedunia pokoknya…. lumeran mentega dan bumbu kecapnya… *glek* gak ada bandingannya!!! 😀

gw pernah beberapa kali nyobain masak AGM nya…. mulai dari resep nYontek, ngayal trus praktek…tapi sama sekali gak ada yang bisa samain rasanya 😛 gw nepsong mati pengen bikin menu satu ini apalagi Fendi paling doyan… orang serumah juga…beberapa hari yang lalu gw pun nyoba lagi pengeeeenn bikin… dan voila…….anda tau apa yang terjadi sodara-sodara???? GW GAK BERHASIL LAGI bikin AGM yang persis kayak yang gw mau 😦 tapiii sedihnya gak pake lama koQ, soalnya teteup aja Ayam’a ludesss disikat orang serumah plus Amelia teman baik yang kebetulan rumahnya sekompleks.. Fendi??? kebagian foto lewat MMS doang… hihihi

yang mo nyOba silahkan… gak nyesel juga koQ!!!

Bahan :
10 Potong Sayap Ayam
4 Siung Bawang Putih; Cincang Halus
2 Ujung Batang Bawang; Iris serong
4 SDM Kecap Manis
2 SDM Kecap Asin
1 SDM Kecap Inggris
1 SDM Saus Tiram
4 SDM Margarin Blue Band
2 Jeruk Nipis
Garam, Merica secukupnya
Minyak u/ Menggoreng

Caranya:
1. Cuci bersih sayap ayam, lumuri 1 buah jeruk nipis dan garam, 1 sendok kecap manis diamkan 15 menit
2. Goreng Ayam dengan minyak panas yang udah dicampur 1 SDM Margarin hingga Matang
3. Panaskan Margarin, Tumis Bawang Putih dan Batang Bawang hingga wangi, masukkan ayam, aduk rata kemudian masukkan kecap manis, kecap asin, saus tiram dan kecap inggris, beri merica
4. Angkat sajikan panas dengan kecrutan jeruk nipis

AYAM G0RENG SAUS MENTEGA

AYAM G0RENG SAUS MENTEGA

19

Udang Nanas Asam Manis Pedassss

Encang -encing, nyak babeh, om tante, pa’de bu’de, gadis bujaaaaanggg…. banyak amir yak???…. sebelumnya mo mohon maaf yang seGEDE-GEDE gaban jika pada postingan ini dan berikut-berikutnya akan fuuuuulllll dengan keSotoyan, KeNarsisan, dan KePedean gw berbagi resep ini dan anu…

BERHUBUNG musim yang mendukung, d’tambah lagi dengan khasiat temulawak yang naudzubillah duaassyaaaattt banget memOmpa semangat kerja makan DAN dengan sediiiiiikiiiiiittttt bakat pembokat calon ibu rumah tangga..mmmmhhh eeerrrrrrrrrr gak keren IRT.. HOUSEWIFE maka makin menjadi-jadilah gw!!!

oke mari kita mulai postingan ini dengan membaca basmallah…!!!

ayo…ayooo silahkan duduk manis, ambil pena, siapkan imajinasi seliar-liarnya setinggi-tingginya!!!

beberapa hari lalu dalam keadaan sangat lapar gak sengaja nemu sebuah gambar UDANG ASAM MANIS dari iklan restoran di Internet… dan sejak hari itu gw kayak ibu-ibu yang lagi ngidam mangga pas hamil trisemester pertama… keukeuh pengen makan Udang asam manis juga!!! d emang dasar anak Mamsky yang tukang kue dan tukang masak, pengennya masak sendiri..ogah beli jadi 😀
pelit+kere yang diperhalus

Maka sepulang kantor kemarin sore..berburulah Udang segar dipasar swalayan…yang ternyata sempat ngendorin semangat!!! 169 ribu per kilo sodara-sodara!!! mahal amiiirrrr…itu pun bukan udang galah ya….udang kupas biasa doang…!!!
yah payah deh… muter otak condong ke kiri 15 derajat dikiiitt gw ingat kalo Filet ikan Kakap juga kan bisa dibuat asam manis..langsung meluncurlah ke Pasar traditional yang kurang lebih 500 meter dengan jalan kaki niat benerrr
Pas nyampe pasar Calaca, lagi asik transaksi sama empunya ikan Kakap..mata gw gak sengaja liat UDANG SEGAR MURAH!!! 10ribu kurang lebih 20 ekor dengan ukuran small.. langsung bungkus deh 2 Tas!! nasib baeeee anak gw gak ileran kesampean makan udang.. hihihi

daaaaan inilah hasil perburuan resep dan cara masaknya….
yang mo nyontek silahkeun yang cuma mo liatin doang….silahkan sediain tisyu ngelap iler… 😀 😀 😀

Bahan:
– 30 Ekor Udang Segar Small Size

Potongan Sayur, Bumbu & Buah

Potongan Sayur, Bumbu & Buah

– 100 gram Wortel; Potong Korek Api
– 1/2 Buah Bawang Bombay; Potong besar atau sesuai selera
– Nanas; Potong Dadu atau sesuai selera (banyak’a juga terserah)
– 4 Butir Bawang Putih; Cincang Halus
– 1 Buah Cabe Besar; Iris Serong (kalo gak mau pedes)
– 3 cm Jahe; Iris Tipis
– 1 1/2 Buah Jeruk Nipis
– 1 Sendok Makan (Sdm) Cuka Makan
– 4 Sdm Saus Tomat
– 3 Sdm Saus Sambal
– 2 Sdm Gula Pasir
– 1/2 Sendok Teh (Sdt) Merica
– 1 Buah Kaldu Blok
– Garam secukupnya
– Margarin (untuk Numis dan campuran Minyak Menggoreng Udang)

Cara Buatnya:
– Kupas Udang sisakan ekornya; Lumuri 1 Buah Jeruk Nipis dan sedikit
garam, Biarkan kurang lebih 15 menit
– Campur Saos Sambal, Saos Tomat, Gula, Merica, Cuka, 1/2 buah jeruk
nipis dan garam dalam mangkok; sisihkan

Campuran Saos

Campuran Saos

– Panaskan 3 Sendok Sayur Minyak Kelapa+2 Sendok Makan Margarin
goreng udang hingga matang; sisihkan
– Panaskan 2 Sendok Makan Margarin Tumis Bawang Putih sampai
wangi, masukkan Jahe, dan potongan Bawang bombay aduk hingga
layu, tambahkan kaldu blok aduk lagi..
– masukkan wortel lalu beri sedikit air aduk-aduk hingga wortel sedikit
lunak (kalo gw doyannya masih agak kress wortelnya)
– Tuang campuran saos, aduk sampe rata…trus masukin udang yang
udah digoreng + potongan nanas… cicipi sedikit rasanya… kalo
pengen lebih manis tambahin gula, asam sok tambahin cuka mau
lebih asin tambahin deh tuh
air laut garam
– Sajikan Panas

penampakannya:

Udang Nanas Asam Manis Pedas

Udang Nanas Asam Manis Pedas

Keliatan Ribet yak??? kalo menurut gw, ribetan ngetik sama cuap-cuapnya ketimbang masaknya… belagu hihihi pokok’a kalo mo dicoba gak usah kendor dulu bayangin ribetnya.. maju ajah Pantat pantang mundur..kalo diintip ke kulkas dapur, kamar dan ruang tamu , pasti bahannya ada deh sok tau!!!

Resep ini gw contek dari macam-macam resep punya orang.. soal campur mencampur saos itu juga karangan gw (maksudnya gak contek dari resep orang yak) soale kalo udah mulai masak gw suka panik nyampur ini..itu… jadi amannya tu saos gw campurin dulu… rasain dulu pas gaknya baru dicampur ama tumisan, kalo liat dari resep orang sih suka di taroh satu per sato saos, sambal, cuka dan lain-lainnya… dasar amatir 😛

12

Antara Aku, Hujan, dan Nasi Gila…

yuuhuuuu…..

apa kabar di daerahmu sono teman???

Manado Hujjaannn berangin kencang…sama skali gak kebagian jatah buat matahari sekedar mengintip centil di pagi hari… kayaknya musim hujan Desember bergeser deh ke bulan Januari ini…

apA BMG juga menyimpulkan begitu mas eko??? *kedip-kedip mata sok tau* 😛

Kalo kata Kweeni teman ajaib saya asal lampung itu….
hujan bisa menstimulus ide ide di otak gw untuk bergentayangan dan bermunculan. mulai dari ide brilian sampe ide binal.
hahahahaha jangan marah ya nyak…kan lu kate begitu di catatan FB barusan??? hihihi

kalo kata gw…. hujan dan ditambah dengan sedikit badai adalah saat untuk mengumpulkan ember, loyang, panci dan semua wadah yang bisa nampung tetesan ujan dari plafond kamar dan dapur… inilah akibatnya ngotot merehab rumah dimusim hujan… *lirik maut ke arah mamsky*
ohhh yaaa ada lagii… musim hujan adalah saat dimana jarum timbangan akan sedikiiiiitt bergeser ke kanan… horraaayyy… 🙂 🙂

semalam saya dan anak keteQ (baca: ade) bikin nasi gila… tau nasi gila kan??? iyaaaa yang ituuu….. nasi panas yang dimakan dengan campuran tumisan sosis, bakso, telur orak arik… berkecap gurih dan peddaassss
bikinnya gampang, cepat dan serumah pada suka semua..termasuk mama yang anti makanan dengan campuran aneh-aneh…. hihihi

masak si nasi gila tuh gak ada patokan’a yah… jadi mo cemplungin ini itu hayoo aja… pokoknya apa aja yang ada dikulkas mulai dari suwiran ayam, bakso, sosis, telur, udang ato apalah, suka-suka aja…

aku bagiin resep yang ku buat semalam yah…

Bahan-bahan :
– 3 buah sosis, iris serong
– 2 buah Telur Ayam
– 1 Ons Udang Kupas
– 10 Butir Bakso , Belah dua
– 2 Siung Bawang Putih, Cincang Kasar
– 1/2 Belahan Bawang BOmbay, Iris memanjang
– 3 Buah Cabai Besar, Iris serong
– 1 Sendok Makan Kecap
– 2 Sendok Makan Saus Tiram
– 2 Sendok Makan Saus Sambal
– 1/2 Sendok Teh Minyak Wijen
– Garam, Lada dan Gula secukupnya

Cara Membuatnya:

– Kocok 2 Butir Telur dengan sedikit garam… orak arik dengan sedikit minyak sampe berbutir, sisihkan.
– Tumis bawang putih, cabai merah, dan bawang bombay sampe harum dan layu, masukkan sosis, Bakso, Udang, dan Telur yang udah di orak arik, aduk rata.
– Masukkan kecap, Saus Tiram, Sambal dan sedikit lada, gula, garam, aduk lagi sampe rata, dan terakhir masukan minyak wijen
– Angkat dan siram diatas nasi hangat plus ditabur bawang goreng….

Hasil akhirnya kayak giniiiiii

Nasi Gila

Nasi Gila

Bayangin deh Ujan-ujan begini makan sepiring nasi Gila hangat dengan secangkir teh manis… hohohoho… lupa daratan lautan dan udara pokoknya…apalagi taburan bawang goreng Palu kiriman Nenek yang kriuk-kriuk itu…. ennnnaaakkkk deh…

mau dicoba??? 😉