Kali WaterFall… a.k.a AIR TERJUN PINELENG

Seperti rencana kita yang sempat tertunda di pos hansip selama beberapa jam waktu kapan ituu… hari minggu tanggal 30 Mei kemarin kita kesampaian juga ke Kali Waterfall Pineleng a.k.a Air Terjun Kali a.k.a Tapahan Telu dan seperti kunjungan sebelum-sebelumnya ke Objek Wisata tanpa buku pemandu wisata kita berdua sempat kesasar masuk keluar lorong…jalan dengan ragu-ragu..stengah putus asa dan ampir pulang sebelum nemu sang air terjun hahaha…
Ke Objek wisata ini sih sebenarnya bukan kali pertama buat aku… dulu masa SMA sempat kesini beberapa kali bareng teman sekelas.. bukaaan bukan ke Air terjunnya tapi ke kolam pemandian dari mata air pegunungan milik keluarga gitu… viewnya mantap!!! Dari kolam pemandian kita bisa mandangin undakan-undakan batu yang disela-selanya keluar mata ari jernih dan deras…saking derasnya sampe dipasangin kincir air ditiap mata air itu.. dan uniknya lagi diatas bebatuan itu tumbuh bunga-bunga liar dan rimbunan pohon tomat ceri!!! Tau tomat ceri kan??? Itu tomat kecil-kecil seukuran buah ceri..yang merah meronanya bikin gemesshh.. pernah yah seingatku saking gemesnya aku petikin satu-satu dan masukin kedalam rok sekolah (emang dudul bin dedemit) sampe rumah ancur semua tu tomat..ketinggalan biji-bijinya aja nempel dikantung rok.. hahahahaha padahal niatnya mo nyogok mamsky tuh supaya gak ngomel anaknya pulang sekolah kesorean😛

Daaaaaaaaan sayangnya saya batal mamerin si kincir2 sama lelaki karena pemandian keluarga’a dah ditutup!!!

Ok balik ke cerita gimana daya upaya kita nyampe kesana.. walau kata udah pernah kesana duluuuu tahun 2002 gitu (blah dah lama sekali itu ya???) aku samsek gak ingat lagi ke gapura masuk air terjun itu lewat mana..wong dulu kan diajak teman dan naik mikrolet juga..ada sih dikit jalan kaki…tapi emang dah lama juga kan yah..jadi kita banyak nyasarnya!!! Jalannya kan emang perkampungan penduduk yah..begonya kita aja sih yang gak mau nanya dan keukeh muter nyari..biasaaaa alasan kemaluan blah maksudeee malu gituu…. Apalagi setiap kita masuk lorong keluar lorong diliat2 sama orang kampong..tambah salting aja gtu😛

Pas dah mo balik arah pulang kebetulan rantai motor Lelaki lepas dan syukur Alhamdulillah ada orang kampung yang lewat dah sekalian nanya aja deh… dan ternya jalan yang kita sempat lewatin tadi tuh dah bener..jadi baliikk lagiii…
Jadi buat yang baru pertama kali mo kesana dengan kendaraan pribadi lokasinya terletak di Desa Kali Pineleng.. jadi masuk aja ke gapura ala Padang yang dah mo roboh dijalan raya Pineleng Tomohon luruus aja menyusuri jalan rayanya… melewati taman makan pahlawan tuanku Imam Bonjol luruss lagii ntar ada pertigaan tinggal belOk ke arah kiri.. dari sini jalan udah mulai sepi dan rimbun dengan pepohonan… dan gak berapa jauh ketemu dengan Desa Kali… nah didesa Kali inilah si Air Terjun berada… dari Kantor Hukum Tua kampung tinggal lurus (hati-hati karena jalan berbatu dan sempit) hingga sampe ke jalan yang bercabang..satu arah kebawah dan satu arah keatas..pilih jalan ke atas dan silahkan susuri jalan itu.. gak sampe 200 meter kira-kira udah nyampe di gapura besar menuju Air Terjun yang terletak disebelah kiri badan jalan… masuk kedalam gapura dan jangan berharap dengan gampang bisa main air!!!! Harus lewatin tangga-tangga beton yang berlumut-lumut… seingat aku pernah tuh ada teman yang nyuruk keduduk disitu dulu.hihihihi…
Kalo jalan nyante sambil sesekali singgah photo-photo..main air pancuran yang nyembur di sepanjang jalan bisa kurang lebih 10 menitan deh dah bisa denger suara deras air terjun… INGAT MAK..ITU DENGER!!! Jadi jalaaaaaan lagi 10 menitan trus bisa bener2 liat AIR nya..hahahaha

Pas nyampe kesana aku kucewa…sungguh kuuceewaaa (lah dangdutan) soale objek wisatanya gak keurus banget..ada pondokan gitu yang kotor bersampah dan full coretan-coretan..ada WC yang gak berfungsi yang sumpah najis banget diliat… air terjunnya sendiri sih emang keliatan keren juga… ada dua mata air terjun yang deras..saking derasnya cipratan air yang ketiup-tiup angin bisa bikin basah kuyub.. dah yang sedihnya lagi gak bisa banyak foto di jembatan kayu dibawah kaki air terjun itu karena kamera gak waterproof..jadi shootnya harus dari jarak agak jauh… apalagi begaya foto berdua?? LUPAKAN!!! lelaki sayang banget ama “bini” pertamanya itu 😦

Karena nyampenya jg dah sore kita gak lama disitu… tapi sempat juga ke air terjun kecil satu lagi agak keatas dari jalur ke air terjun besar ini..and you know pemandangan apa yang bisa dilihat dari air terjun disini???? Kumpulan sandal-sendal yang buanyaaaaaakk banget..entah dari antah berantah mana tu sandal2 berasal… kayaknya sandal yang hanyut dari hulu Tondano hihihi… kalo ditung2 ada kali ratusan sandal… oh iyaaa kita papasan sama rombongan orang yang abis camping di tempat air terjun kecil ini.. tapi aku koQ ngeri yah liat dataran yang dijadiin t4 bangun tendanya bekas bangunan tua yang dah setengah roboh dan dikelilingi rumput sama daunan liar… blah…!!!
Eh ada yang ketinggalan!!! Masuk disini harus bayar tiket seharga 2700 perak..dan halaman parkir mobil motornya juga gak gede2 amat karena Cuma memanfaatkan halaman rumah warga pengelola…

Eh ini foto pas kita nyasar jalan masuk kedalam pake motor… untung ketemu warga kalo kagak mah udah nyampe Indraloka di Tomohon sono.. hahahaha..emang gak seru kali yah kalo gak ada cerita nyasar dulu.

5 thoughts on “Kali WaterFall… a.k.a AIR TERJUN PINELENG

  1. eh mar mantap loh air terjunnya..! ah tukang fotonya ini yg jago.😆
    Pineleng? daerah kekuasaannya Tiwi a.k.a Wiwin9 ituh.. tapi mo tanya dulu so brapa kali dia kesono..?😀

    • ehemm namaku disebut-sebut….doh daerah kekuasaan no,bae2 nek bilang bagitu jang tuanku imam bonjol togor le dapa gurumi no…yooo baru 2 kali nek *ulang* 2 kaliii…waktu jama smp dang deng dorang kak vita.kan anita, nga ndak ada so itu???ah ada ah,…trus deng tamang2 kuliah.

  2. Sayangnya memang tempat2 wisata terpencil tidak diurus dgn baik. Yah mungkin jg karena jarang orang kesana, jadi penjaganya jg malas bersihkan. Atau mungkin gak dibayar pula…dan mungkin saja emang aslinya malas. Yah panjang daftar alasan kenapa kotor hahahaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s