Udang Nanas Asam Manis Pedassss

Encang -encing, nyak babeh, om tante, pa’de bu’de, gadis bujaaaaanggg…. banyak amir yak???…. sebelumnya mo mohon maaf yang seGEDE-GEDE gaban jika pada postingan ini dan berikut-berikutnya akan fuuuuulllll dengan keSotoyan, KeNarsisan, dan KePedean gw berbagi resep ini dan anu…

BERHUBUNG musim yang mendukung, d’tambah lagi dengan khasiat temulawak yang naudzubillah duaassyaaaattt banget memOmpa semangat kerja makan DAN dengan sediiiiiikiiiiiittttt bakat pembokat calon ibu rumah tangga..mmmmhhh eeerrrrrrrrrr gak keren IRT.. HOUSEWIFE maka makin menjadi-jadilah gw!!!

oke mari kita mulai postingan ini dengan membaca basmallah…!!!

ayo…ayooo silahkan duduk manis, ambil pena, siapkan imajinasi seliar-liarnya setinggi-tingginya!!!

beberapa hari lalu dalam keadaan sangat lapar gak sengaja nemu sebuah gambar UDANG ASAM MANIS dari iklan restoran di Internet… dan sejak hari itu gw kayak ibu-ibu yang lagi ngidam mangga pas hamil trisemester pertama… keukeuh pengen makan Udang asam manis juga!!! d emang dasar anak Mamsky yang tukang kue dan tukang masak, pengennya masak sendiri..ogah beli jadiπŸ˜€
pelit+kere yang diperhalus

Maka sepulang kantor kemarin sore..berburulah Udang segar dipasar swalayan…yang ternyata sempat ngendorin semangat!!! 169 ribu per kilo sodara-sodara!!! mahal amiiirrrr…itu pun bukan udang galah ya….udang kupas biasa doang…!!!
yah payah deh… muter otak condong ke kiri 15 derajat dikiiitt gw ingat kalo Filet ikan Kakap juga kan bisa dibuat asam manis..langsung meluncurlah ke Pasar traditional yang kurang lebih 500 meter dengan jalan kaki niat benerrr
Pas nyampe pasar Calaca, lagi asik transaksi sama empunya ikan Kakap..mata gw gak sengaja liat UDANG SEGAR MURAH!!! 10ribu kurang lebih 20 ekor dengan ukuran small.. langsung bungkus deh 2 Tas!! nasib baeeee anak gw gak ileran kesampean makan udang.. hihihi

daaaaan inilah hasil perburuan resep dan cara masaknya….
yang mo nyontek silahkeun yang cuma mo liatin doang….silahkan sediain tisyu ngelap iler…πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Bahan:
– 30 Ekor Udang Segar Small Size

Potongan Sayur, Bumbu & Buah

Potongan Sayur, Bumbu & Buah

– 100 gram Wortel; Potong Korek Api
– 1/2 Buah Bawang Bombay; Potong besar atau sesuai selera
– Nanas; Potong Dadu atau sesuai selera (banyak’a juga terserah)
– 4 Butir Bawang Putih; Cincang Halus
– 1 Buah Cabe Besar; Iris Serong (kalo gak mau pedes)
– 3 cm Jahe; Iris Tipis
– 1 1/2 Buah Jeruk Nipis
– 1 Sendok Makan (Sdm) Cuka Makan
– 4 Sdm Saus Tomat
– 3 Sdm Saus Sambal
– 2 Sdm Gula Pasir
– 1/2 Sendok Teh (Sdt) Merica
– 1 Buah Kaldu Blok
– Garam secukupnya
– Margarin (untuk Numis dan campuran Minyak Menggoreng Udang)

Cara Buatnya:
– Kupas Udang sisakan ekornya; Lumuri 1 Buah Jeruk Nipis dan sedikit
garam, Biarkan kurang lebih 15 menit
– Campur Saos Sambal, Saos Tomat, Gula, Merica, Cuka, 1/2 buah jeruk
nipis dan garam dalam mangkok; sisihkan

Campuran Saos

Campuran Saos

– Panaskan 3 Sendok Sayur Minyak Kelapa+2 Sendok Makan Margarin
goreng udang hingga matang; sisihkan
– Panaskan 2 Sendok Makan Margarin Tumis Bawang Putih sampai
wangi, masukkan Jahe, dan potongan Bawang bombay aduk hingga
layu, tambahkan kaldu blok aduk lagi..
– masukkan wortel lalu beri sedikit air aduk-aduk hingga wortel sedikit
lunak (kalo gw doyannya masih agak kress wortelnya)
– Tuang campuran saos, aduk sampe rata…trus masukin udang yang
udah digoreng + potongan nanas… cicipi sedikit rasanya… kalo
pengen lebih manis tambahin gula, asam sok tambahin cuka mau
lebih asin tambahin deh tuh
air laut garam
– Sajikan Panas

penampakannya:

Udang Nanas Asam Manis Pedas

Udang Nanas Asam Manis Pedas

Keliatan Ribet yak??? kalo menurut gw, ribetan ngetik sama cuap-cuapnya ketimbang masaknya… belagu hihihi pokok’a kalo mo dicoba gak usah kendor dulu bayangin ribetnya.. maju ajah Pantat pantang mundur..kalo diintip ke kulkas dapur, kamar dan ruang tamu , pasti bahannya ada deh sok tau!!!

Resep ini gw contek dari macam-macam resep punya orang.. soal campur mencampur saos itu juga karangan gw (maksudnya gak contek dari resep orang yak) soale kalo udah mulai masak gw suka panik nyampur ini..itu… jadi amannya tu saos gw campurin dulu… rasain dulu pas gaknya baru dicampur ama tumisan, kalo liat dari resep orang sih suka di taroh satu per sato saos, sambal, cuka dan lain-lainnya… dasar amatirπŸ˜›

19 thoughts on “Udang Nanas Asam Manis Pedassss

  1. doakan saya ke Palu mbak…sekalian tengokin nenek di Parigi….

    hahahaha…. jago kote mbak Nova logat Manado.. mantap!!! besok-besok torang dua latihan ulang di FBπŸ˜€

    • hehe…so dipaksa2 itu logat say, bgm smua tmn disini rupa manado smua noh jd yah mw nda mw so belajar sendiri hehehe *lidah ku kelipat2*. siip nanti torang lnjut di FBπŸ™‚

      wah…palu parigi dekat kan, singgah Palu yah

    • segera dikirim nanas lobong satu truk…mar for qt ndak usah pake nanas ne ganti kwa,qt nimbole makang nanas no,.hiks…

  2. Tengkyu beraaaaaattttt sista!! Udah aku coba nih.. Buat menjamu sahabat dinner bareng.. Resto di sini (Hawaii) yg nyedia in shrimp menu juga lewaaaat deh!! Hehehehe.. Oya, ditambahin paprika n mushroom ok juga loh.. ^_*

  3. waaaaaaaaaaaawwww…mantap resepnya…berhubung baru nikah jd aq baru nyari2 resep..makanya telat komen nya…kebetulan suamiku doyan banget nih masakan kaya gini…thanx mba…ayooo..resep apalagi mba…aq mau coba…hehehe…(bisana cuma nyontek ajah dah…yg penting rasanya)hehe…

  4. waah.. dr bbrp resep asam manis pedas yg aku cobain, baru ini ni yg pas dilidah. tengkyu ya mba.. aku jg stuju tu sama metode campur saos duluan. jd bisa dicobain dulu ;D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s