Manado Punya!!!!

pernah nih ngerumpi lama sama teman yang pernah sekantor, dia nya orang Jakarta dan pernah lumayan lama menetap di Manado, aku panggilnya bunda Sari.. Bunda ngomongnya gini nih…

“nie..Manado dah kayak gimana sekarang?? aaah aku rindu ama Manado, biar kata biaya hidup mahal..jarang ada yang halal..tapi beneran aku kangen Manado… “

hahahahaha aku cuma cekikikan sambil “presentase” tambah bikin bunda ngiler liburan ke Manado lagi… dulu waktu aku masih ngantor di New Volare Photography, bunda ini Make Up artisnya…kita beda setaun umurnya cuma aja beliau dah menikah… dan waktu itu lagi hamil… sempat kasian banget gara-gara beliau ngidamnya gak tersalurkan..lah nyari asinan bogor dimana coba di Manado ini???😀 eh iyaaa tapi ada satu hal yang aku ingaat banget tentang percakapan aku dan bunda dulu… kan kebetulan anaknya lahir di Manado sini yah.. tapi beliau paling ogah begah kalo ntar anaknya disapa nyong ato cowo Manado… hahahaha katanya konotasinya gak bagus…!!! what!!!! ckckckckkck…

nah inget-inget lagi nih…. waktu aku kerja di perusahaan tambang Nikel Halmahera taon lalu, pernah di introgasi sama bos-bos ato  teman kerja disana..

kalo yang nanya nya cewek pertanyaan standarnya gini…

Ibu/mbak  : “dari mana??”

Afni : “dari Manado mbak…(senyum manis)”

Ibu/mbak  : TLah koQ item??? katanya cewek Manado putih-putih…bahenol??

afni : senyum kecut…

Lah kalo yang nanyanya bapak-bapak

Bapak : dari Manado kan ya??

Afni : iya pak?

Bapak : Asli Manado?? (sorot mata naik turun atas bawa sampe jereng)

Afni : lahir gedenya di Manado pak…

Bapak : oooh.. eh saya pernah loh ke Manado, pernah juga dengar-dengar ttg Manado, pokoknya kalo Manado itu terkenal 3 B nya….

Afni : apa Pak? Brain Beauty Behavior??? (oon ditimpuk bata)

Bapak : bukaaaann (semangat 45!!!) Bunaken….Bubur…sama  BIBIR!!!

Afni : Pingsan 2 jam

wuaahhh dendam kesumat kalo ingat-ingat cerita yang ituu..!!!! kayaknya bapaknya gak lumayan lama di Manado, jadi gak tau aja dia…kalo Manado punya banyak hal yang bisa diingat…

ayo kita list satu-satu :

1. Waruga

Waruga adalah istilah lokal untuk tinggalan megalit yang termasuk dalam jenis peti kubur batu di Minahasa. Benda ini terdiri atas dua bagian, yaitu bagian badan dan bagian tutup. Kedua bagian ini masing-masing terbuat dari sebuah batu utuh (monolith), umumnya berbentuk kotak segiempat (kubus) untuk bagian badannya dan hanya sedikit yang berbentuk segidelapan atau bulat. Selain itu, bagian tutupnya menyerupai atap rumah. Waruga ini berfungsi sebagai wadah kubur bagi orang yang meninggal di dalam satu keluarga. Setiap waruga diperkirakan dipakai menguburkan beberapa orang dari anggota keluarga yang meninggal. Di dalam waruga biasanya ditemukan tulang-tulang manusia yang berasosiasi dengan benda lain seperti : keramik cina, perhiasan dan alat-alat logam, serta manik-manik. Tulang-tulang tersebut merupakan sisa-sisa tulang manusia yang pernah dikubur dengan disertai bekal kuburnya yang terdiri atas : piring, mangkuk, dan jenis-jenis keramik lainnya, gelang perunggu, kalung perunggu, pisau perunggu, parang perunggu, manik-manik, dan lain sebagainya. info lengkapnya bisa di intip disini

salah satu penampakan waruga nih:

waruga

2. Tari Cakalele

Tari ini dimainkan sekitar 30 orang atau lebih yang memakai pakaian khas orang-orang zaman dulu yang akan berperang, seperti kita melihat pakain khas orang-orang Romawi dengan senjata pedang, tombak dan tameng (Kedung) di kedua lengan sambil diiringi musik beduk (tambur), kerang besar (Bia) ditiup dan 2 buah kelindingin. Tari Cakalele/kebesaran merupakan tari untuk penyambutan kepada para tokoh : Pejabat, Agama, Seniman dan lain-lain.

saya sempat phobia hebat dengan tarian satu  ini, gara-gara dulu waktu masih cebol pernah ditakut-takutin sama salah satu pemainnya..jadi ceritanya kantor papa pernah tuh ada pertunjukan tari cakalele, pemain nya yah salah satu teman papa juga, ternyata papa berkomplot sama tu Om jelek itu..nah aku yang waktu kecil susah makan ditakut-takutin dengan parang dan bulu-bulu kemOceng di kepalanya sambil di gertak-gertak “awas malas makan yaaaa..nanti om maraah” aaaaaaaargghhhhh!!! tapi kalo di ingat-ingat waktu itu bisa guling-guling sakit perut ketawa sekarang😀😀🙂😀

3. Musik Kolintang

Musik Kolintang adalah musik tradisi khas daerah Minahasa. Alat musik ini terbuat dari kayu tertentu yang telah dibuat, di susun sedemikian rupa sehingga jika di ketuk menghasilkan bunyi not tangga lagu seperti pada alat musik lain pada umumnya.

4. Saguer / Cap Tikus

Cap Tikus adalah jenis cairan berkadar alkohol rata-rata 40 persen yang dihasilkan melalui penyulingan saguer (cairan putih yang keluar dari mayang pohon enau atau seho dalam bahasa daerah Minahasa). Tinggi rendahnya kadar alkohol pada Cap Tikus tergantung pada kualitas penyulingan. Semakin bagus sistem penyulingannya, semakin tinggi pula kadar alkoholnya.

maap untuk list yang satu ini bukan maksud hati memperkenalkan untuk dinikmati yah.. karena minuman yang satu ini jelas beralkohol.. maap bapak ibu mbak mas.. dilarang agama kata Ustadzah saya *diketok martil*

5. Tarsius Spectrum

Maap saya tidak sedang membahas tentang Mapala anda..!!! iyaaa anda..iyaaa anda!!!! heeeehhhh  gak usah nengok kebelakang sambil pasang tampang bingung!!!!!

hehehe peace subeQu sayangQu muach..muach…

itu interwEzo saja sodara-sodara..sekedar informasi tidak penting..bahwa orang yang saya hujat barusan adalah kekasih hati…maklum dia terlalu berbangga dengan nama Mapala nya yang menjiplak nama salah satu primata terkecil dunia primadona manado ini….

okeeeh mari kita cari tau Tarsius Spectrum ituu

Tarsius digolongkan ke dalam jenis primata, sebab, secara morfologi memang mempunyai ciri-ciri seperti dimiliki oleh umumnya binatang jenis monyet. Punya ekor, tubuhnya dipenuhi bulu dan bentuk jari-jari tangan dan kakinya persis monyet..tetapi Tarsius lebih senang jika diberi makan serangga ketimbang buah atau tumbuhan..oh ya Tarsius ini termasuk binatang yang aktif dimalam hari… jadi jangan lari kalo liat matanya yah..mirip mata burung hantu (sepertinya)

ini dia Tarsius nya..tarsius

6. Daun Pangi

Daun pangi ini warnanya hijau & agak lebar tapi kalo udah matang (jika dimasak ) akan berubah berwarna hitam..nah kalo di Manado Pangi ini identik sebagai sayuran yang dicampur dengan makanan yang tidak halal disantap sama orang muslim (maaph) tapiiii kalo mo olah sendiri boleeh koQ..aku pernah rasain sayur pangi yang diolah dengan ikan mas…wuahh uenak ternyata..walaupun secara penampakan..sayur pangi yang diiris halus dan hitam itu lebih mirip pita kaset.. huahhahahaha.. maapkeun

7. Nasi Jaha/Nasi Bulu

naah saya sendiri sampe sekarang masih sedikit tidak bisa membedakan antara rasa lemang (kue khas sumatera barat) dengan nasi jaha..tapi kalo ditanya wujud jelas berbeda…

nasi jaha ini adalah olahan beras ketan dan santan yang masaknya dibakar, jadi beras santan dan rempah-rempah yang sudah diramu dimasukkan dalam bulu/bambu kemudian dibakan hingga matang… agak rempOng juga untuk mengeluarkan sang kue, karena bulu/bambu harus dibelah…wah ribet kotor arangnya..tapi soal rasa wah jangan ditanya..makan ditemani sayur berkuah ato ikan bakar..bukan main nikmatnya.. ato hanya mau makan ditemani secangkir kopi??? wah bisa nambah…

8. Panada

nah panada ini katanya (kata sapeeee) asli dari manado, adonan kuenya seperti roti yang digoreng,  berisikan campuran ikan cakalang (ikan tongkol) dengan parutan pepaya muda ato ikan cakalang dengan laksa.. suka-suka lah… bentuknya unik karena seperti dikepang/dipelintir untuk merekatkan.panada

9. Sambal dan Gorengan

huaa ini yang paling seru dari Manado… semua makanan apa saja, mo gorengan pisang, bakwan, sampe jagung rebus disantap dengan sambal!!! bos ku dikantor lama yang kebetulan orang Medan sampe heran… tapi akhirnya ikut ketagihan kan pak Darwis yah?? (semoga beliau membaca postingan ini)

10. Mikrolet!!!

hahahaha dah ketawa aja sebelum ngetik…

jadi ceritanya begini..dulu suami bunda sari (mas budi) pernah nih ngomong sambil ngacak pinggang heran.. dia bilang gini

gila yah ini Manado!!! Angkot aja gayanya naujubillehh… liat tu ni veleg nya??berani taruhan harganya jutaan satu nya.. belom lagi audio nya… tempat duduknya… ckckckck nih naik mikrolet di Manado dah kayak di pub aja..

hiyaaaa… ada gak yah kota yang bisa ngalahin mikrolet Manado??? :p

hmm lumayan panjang juga yah aku nyerocos dari tadi…sampe dah keriting aja nih jari :p

sok atuh..buat yang mo nambah..mo ngedit….di persilahkaan….

4 thoughts on “Manado Punya!!!!

  1. hahahahaha…memang yang dorang tau n terkenal di luar so itu 3B itu say…kasiang torang yang blasteran kong dapa depe kulit hitam…hihh ndak diakui orang manado kaanggg….

  2. iyooo dendam!!! tersinggung iniii…terhinaaa… hahahaha
    iiih wiwin mah putih ituu.. lah disini??? hmmm kasiang…kasiang…
    eh mar ada le yang dorang blum tauuu.. cewe Manado pe mulu kang??? hihihi peddiss

  3. hahahaha dipoto dapa lia putih no,mar depe asli..mama…asli kulit jawa sudnya…nah itu dia yang dorang blum tau say,cewe manado pe mulu *mulu rica2*..pidis mar sadap..hehehehe.

  4. ak pernah sih curhat2 an sama cowo asli manado juga…akhirnya ak jatuh cinta ma dia…padahal dia sudah punya cewe…tapi akhirnya ak yang menang…hehhe temen dari smp, dan sma akhirnya jatuh cinta hehe….dia pilih ak karena katanya ak lebih tajir…bangga yah rasanya bisa merebut seseorg laki2 yang sudah berpasangan…berasa ak cantik…heheh (just sharing).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s