Ngurus Printilan CPNS

kamu minat jadi salah satu pejuang CPNS??? hmm kita bisa jadi teman senasib seperjuangan… 😀

sempat ngedrop semangatnya pas baca syarat-syarat untuk ikutan bertempur..wuaah buanyaaak dan pasti akan panjang banget prosedurnya, benar saja.. minggu kemarin saat nemenin sohib ngurus kelengkapan berkasnya buat ikut cpns..GW dah mulai belajar pernapasan perut dan ngusap dada melawan gondok

ok kita mulai dari kelengkapan berkas yang kudu, wajib, must, harus loe  punya untuk ikutan main… standarnya:

1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)

2. SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

3. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani / Bebas Narkoba

4. Kartu Kuning atau Kartu Tanda Pencari Kerja

5. Surat Keterangan Belum Menikah

gw akan coba berbagi sama kalian tentang gimana  sembelit caranya bisa dapatin berbagai surat penting diatas berdasarkan pengalaman hidup yach

1. KTP

kalo mo ngurus nih kartu sakti mandraguna ini… loe harus awali dengan membaca basmallah 33x dan jangan lupa!!!! bawa sapu tangan yang banyak buat ngelap keringat yang bakalan netes mulai dari dahi sampe ujung idung… tempat pertama yang harus loe kunjungi untuk dapatin KTP ini adalah lemari pengarsipan surat-surat penting dirumah  untuk nemuin AKTE KELUARGA dan bukti pembayaran PBB tahun yang berjalan.. truus kalo udah megang tu 2 surat itu… loe bisa datang ke rumah kepala lingkungan/Pala tempat keluarga loe tinggal…disitu nti akan dikasih surat keterangan bahwa loe warga lingkungan yang baik, gak pernah buat onar tapi tentu aja gak segitu mudahnya karena bakalan ditagih bukti pembayaran sampah..dan interview apa saluran-saluran pembuangan di rumah loe bersih kagak…???     eiitsss jangan lupa musti sisipin juga duit tanda terima kasih karena loe dah diceramahin dibantu.

kalo loe sibuk.. gampangnya sih minta tolong sama kepala lingkungan untuk dibantu bikin tu  KTP di  kantor kecamatan, nunggu kurang lebih 2 hari dipanggil untuk  foto .. latar merah untuk kelahiran tahun ganjil dan latar biru untuk kelahiran tahun genap ,, nti difotonya ada tanda ukuran tinggi badan juga.. jangan protes kalo hasil foto mengecewakan,, yang kurus  tirus mukanya gemuk bengkak dan  yang gendut  akan terlihat seperti anak autis…  jangan parno duluan.. tergantung  keberuntungan aja koQ, doa yang kenceng mudah-mudahan orang kecamatan yang  take gambar loe orang yang ahli megang  camdi.  stelah itu 1 ato 2 hari kemudian loe akan  nerima  kartunya… jangan lupa yah loe musti siapin duit paling dikit 50 ribu…  :what:

2. SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

gak usah ribet musti ke Poltabes untuk ngurusin surat ini, karena disana orang-orang seperjuangan loe dah banyak mengantri kayak ikan kaleng yang ditumpuk, nyari aja sektor yang terdekat dari rumah, itu lebih efektif… karena kalo maksa ngurus tu satu surat di Poltabes ada banyak meja yang musti dilewati, mulai dari permintaan surat keterangan lurah, truus ke ruangan lain lagi buat identifikasi sidik jari  dan surat rekomendasi catatan kriminal… butuh waktu seharian ngeram di sana, tapi kalo loe udah pegang surat pengantar dari lurah dan bawa 8 lembar pas foto berwarna ukuran 4×6 ke kantor sektor terdekat dari rumah loe itu dah cukup… ini gak gratis sodara-sodara yah.. jangan lupa bawa 25ribu buat di amplop

3. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani / Bebas Narkoba

bisa dapatin surat ini dari kantor dinas kesehatan pemerintah ato puskesmas…. saran gw kalo cuma buat nyari surat keterangan kesehatan aja, puskesmas dah cukup… tinggal datang, beli karcis 1000 perak trus antri ntar pas giliran loe, kasih deh pas foto ukuran 4×6  sebanyak 2 lembar  buat ditempelin disurat keterangannya dan buat di arsip mereka ntar loe bakal ditensi tekanan darahnya, di ukur tinggi dan berat badannya… kalo antrian banyak biasanya gak pake dicek segala, cukup ditanyain aja.. berat kamu berapa??? tingginya??? keluar duit 20 ribu enough…

tapiii kalo yang loe butuhin surat keterangan bebas narkoba, kayaknya tempat yang paling gampang didatangi adalah kantor Dinas Kesehatan buat yang di Manado kantornya di Jalan 17 Agustus, seberangan sama dinas statistik… ntar loe dikasih formulir isian kualifikasi tender bayar kurang lebih 110ribu diminta nampung urine dan nunggu hasilnya kurang lebih 2-3 jam… selesai

4. Kartu Kuning atau Kartu Tanda Pencari Kerja

datangnya ke DEPNAKER di jalan Pomorrow, disana bakalan ngerasa lumayan pegal ngantri, siapin fc  ijazah dan transkrip nilai yang udah dilegalisir, FC KTP dan Pas Foto Ukuran 4×6 3 lembar… dan 1 liter air mineral…nti disana ngisi formulir dan tinggal tunggu kartu kuningnya selesai hari itu juga, kalo kamu perlunya banyak, Kartunya bisa di foto copy trus dilegalisir… bayarannya gw agak lupa.. pokoknya kurang lebih 30 ribuan..

soooo gimana, masih ada semangat untuk bertarung??? haruuussss….!!!

semoga sukses temans

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s