Tinutuan Jalan Roda

pagi-pagi ngantor perut dah melapar hebat gara-gara gak sempat sarapan dari rumah… untung banget kantor berseberangan dengan jalan roda…setelah hidupin kompi dan say hai di Facebook langsung meluncur turun melewati 96 anak tangga menuju lantai 1…seberang jalan dikit, ngeslim diantara motor-motor yang sedang parkir dan..duduk manislah saya dengan pesanan sepiring tinutuan tanpa mie

Food_Tinutuan

informasi-informasi.. tinutuan ini bukan wujud yang saya makan tadi..tapi nyolong dari blog orang….tinu’ nya keburu lenyap sebelum difoto sih.. :p

tinutuan ato bubur  manado adalah salah satu makanan khas dari Manado Sulawesi Utara, mantapnya sih disantap saat sarapan.. tinggi serat dan vitamin soalnya campuran buburnya full sayur, mulai dari Bayam, Kangkung, Kemangi, ditambah dengan bubur yang kental campuran pipilan jagung manis dan potongan ubi manis ato singkong dengan beras… makanan yang sehat banget kan???

kalo diliat dari tampilannya buat yang baru mo nyoba emang sih  agak “mengerikan” tapi begitu di coba…sllurrrppp manttafff deh rasanya, apalagi disantap dengan dabu-dabu (sambal) roa..  teman makan tinutuan bisa macam-macam.. mulai dari tahu yang di goreng ato direbus, ikan cakalang fufu, ikan nike, milu rebus  sampai pisang goreng.. sambalnya juga banyak pilihan koq, dabu-dabu roa, bakasang ato terasi ttp enak tergantung selera.

tentang teman makan tinutuan pasti pada ngeh yah, mungkin untuk tampilan ikan nike itu yang jarang diliat selain di Manado… emang ikan nike ini habitatnya di danau Tondano, bentuk ikannya kecil halus mirip sama ikan teri … kalo mo ngolah ikan ini pun gak sembarangan masukin garam karena rasanya emang rada asin meskipun hidup di air tawar… unik kan??

Cakalang-Fufu-Perkedel-Nike

tempat jualan tinutuan bisa ditemukan dimana aja di Manado, mulai dari pasar, gang-gang perumahan sampe ke food court, bahkan Manado punya Objek Wisata kuliner Wakeke yang sepanjang jalannya terdapat rumah makan yang  menjual makanan ini.. letaknya di jalan WAKEKE, letaknya lumayan strategis karena dekat dengan pusat kota…

so..buat yang mo melancong di Manado menu yang satu ini patut dicoba

7 thoughts on “Tinutuan Jalan Roda

  1. wow…sedap bangat itu bah…boleh tolong anta resepinya padaku,teliur benar ku nak menikmati khazanah Allah s.w.t dari bumi manado..plze
    jazakallah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s